Langsung ke konten utama

Busana Sesuai Kesempatan Pakai

Busana yang pantas di pakai dan sesuai dengan kesempatan, akan memudahkan seseorang dalam pergaulan sehari–hari. Hal ini akan membuatnya tidak canggung dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan dapat menimbulkan rasa percaya diri.
Pada umumnya setiap orang memerlukan busana untuk berbagai macam kesempatan antara lain :
(busana rumah, busana kerja, busana olah raga, busana rekreasi, busana pesta, busana
khusus)

1.Busana Rumah.
Adalah busana yang dikenakan untuk kegiatan sehari- hari di dalam rumah atau sekitarnya. Busana rumah mempunyai kesan  santai, longgar,menggunakan bahan yang sejuk, bahan sederhana, tidak tebal dan menyerap keringat, bentuk dan desain tidak terlalu rumit, dan warna tidak menyolok. Contoh         :  kamer jas, daster, bebe tidur, piyama, dan gaun tidur. Busana tidur untuk anak jelas dipilih bahan yang tidak panas dan menyerap keringat. Motif hewan, bunga, atau tokoh kartun yang sedang trend.
Contoh busana rumah       :

Gb1.1 Busana Rumah


Gb1.2 Busana Tidur Anak

2.Busana kerja
/ sekolah/ kuliah

Adalah busana yang dikenakan pada waktu kerja. Seiring dengan perkembangan zaman, tuntutan dalam dunia kerja semakin beragam. Situasi kerja yang penuh persaingan, membutuhkan kegesitan dalam bergerak agar dapat meraih setiap peluang yang ada. Mereka yang ingin sukses, tentu harus memperhatikan busana yang akan dikenakannya. Wanita aktif membutuhkan busana yang nyaman dipakai dan menjamin keleluasaan, agar dapat bebas bergerak dalam segala kesibukan sejak pagi sampai malam hari. Dengan tuntutan kenyamanan  dan keleluasaan beraktifitas, maka setelan atasan dengan celana panjang bisa menjadi pilihan.
Selain modis dan selalu trendi, celana panjang aman membungkus tungkai hingga mata kaki. Para pengguna busana kerja pun dapat lebih aktif bergerak sehingga dapat lebih produktif
. Ciri-ciri desain busana kerja adalah bergaris princess, berkerah jas, siluetnya tegas terutama pada bagian bahu, terdapat saku dalam, menggunakan saku pas poile, teknik menjahitnya dengan memberi bahan pelapis pada seluruh bagian busana dan bagian tertentudiberi pengisi. Misalnya pada bagian badan, lengan, rok. Karakteristik bahan yang digunakan bahan yang kuat, tidak mudah kusut, mudah dibentuk, dan mengisap keringat seperti denim, garbadine, blouce, tweel wool.

Contoh busana kerja        :
Gb 2.1 Busana Kerja
Gb 2.2 Busana Kerja
Gb 2.3 Busana Kerja

Gb 2.4 Busana Kerja
Gb 2.5 Busana Kerja

Gb 2.6 Busana Kerja
Gb 2.7 Busana Kerja

Untuk busana sekolah biasanya menggunakan bahan katun yang menyerap keringat. Desain ditentukan oleh sekolah, namun biasanya untuk anak SD desain rok menggunakan lipit. Untuk anak SMP menggunkan lipit hadap. Sedangkan anak SMA menggunakan dua lipit hadap. Untuk anak kuliah biasanya menggunakan busana yang tidak ditentukan atau bebas. Namun tetap berkerah.

Contoh Busana Sekolah     :
Gb 2.8 Busana Sekolah
Gb 2.9 Busana Sekolah
Gb 2.10 Busana Sekolah
Gb 2.11 Busana Sekolah
Gb. 2.12 Busana Sekolah
Gb 2.13 Busana Sekolah
Gb 2.14 Busana Sekolah

3.Busana olah raga

Bentuk busana olah raga disesuaikan dengan jenis dan bentuk olahraganya. Olah raga senam memakai pakaian senam, olah raga renang memakai baju renang atau bikini, olah raga tennis dapat memakai short atau kulot dengan perlengkapannya, yakni topi dan sepatu. Deng
an kata lain, setiap olah raga memakai seragam pakaian tersendiri (khusus).
Bahan yang digunakan, pilihlah bahan rajutan supaya mudah bergerak, warna bahan cerah dan kontras
juga menyerap keringat misal kaos. Demikian juga dengan pelengkap pakaiannya harus disesuaikan dengan suasana olah raga yang akan dilakukan.
Contoh Busana Olahraga   :
Gb 3.1 Busana Olahraga
Gb 3.2 Busana Olahraga
Gb 3.3 Busana Olahraga
Gb 3.4 Busana Olahraga
4.Busana rekreasi/ santai

Busana rekreasi adalah busana yang dikenakan pada kesempatan santai/ bertamasya. Misalnya, rekreasi ke pantai, ke gunung, ke taman – taman hiburan, ke lokasi bersejarah dan tempat – tempat yang banyak di kunjungi orang. Dalam desain busana rekreasi, pilihlah bahan yang enak untuk di pakai bergerak, warna bahan dan desainnya dapat dibuat secara bervariasi disesuaikan dengan waktu dan kesempatan. Contohnya, bahan, warna, corak, desain, dan pelengkap busana
. Ciri desainnya praktis. Karakteristik bahan yang digunakan bahan yang kuat dan menyerap keringat seperti katun dan bahan kaos.
Untuk anak- anak dipilih bahan yang tidak panas dan menyerap keringat dengan tujuan supaya anak nyaman dan tidak rewel. Warna dipilih warna-warna yang muda karena jika baju kotor dapat kelihatan dan segera diganti. Untuk hiasannya biasanya berupa bordiran/ aplikasi motif kartun film yang sedang hits.
Contoh busana rekreasi/ santai:


Gb 4.1 Busana Rekreasi

Gb 4.2 Busana Santai
Gb 4.3 Busana Santai
Gb 4.4 Busana Rekreasi
Gb 4.5 Busana Santai
Gb 4.6 Busana Santai


5.Busana pesta
Busana pesta adalah busana yang di kenakan pada kesempatan pesta. Sebelum menentukan pilihan desain busana pesta, sebaiknya pelajari dahulu hal – hal yang berhubungan dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan pesta tersebut, seperti sebagai berikut :
-Siapa yang mengundang pesta ?
-Kapan dilaksanakan, siang atau malam ?
-Di mana pelaksanaan resepsinya seperti apa ?
Di dalam rancangan desainya, sebaiknya disesuaikan dengan suasana lingkungan kedaan resepsi, agar mendapatkan kesan yang baik, dan jangan mengenakan busana yang terlalu berlebihan.
Busana pesta terbagi menjadi 5 kelompok yaitu busana pesta pagi, siang, malam, malam resmi, dan busana pesta malam gala.
a.    Busana pesta pagi atau siang adalah busana yang dikenakan pada kesempatan pesta antara pukul 09.00-15.00. Busana pesta ini terbuat dari bahan yang bersifat halus, lembut, menyerap keringat dan tidak berkilau, sedangkan pemilihan warna sebaiknya dipilih warna yang lembut tidak terlalu gelap
Gb 5.1 Busana Pesta Pagi

Gb 5.2 Busana Pesta Pagi
Gb 5.3 Busana Pesta Pagi

b.    Busana pesta malam adalah busana yang dikenakan pada kesempatan malam hari. Pemilihan bahan yaitu yang bertekstur lebih halus dan lembut. Mode busana kelihatan mewah atau terkesan glamour. Warna yang digunakan lebih mencolok baik mode ataupun hiasannya lebih mewah. Model lebih terbuka.

c.    Busana pesta malam resmi adalah busana yang dikenakan pada saat resmi, mode masih sederhana, biasanya berlengan tertutup sehingga kelihatan rapi dan sopan tetapi  terlihat mewah.

d.    Busana pesta malam gala adalah busana pesta yang dipakai pada malam hari untuk kesempatan pesta, dengan ciri-ciri mode terbuka, glamour, mewah. Misalnya: Backless (punggung terbuka) , busty look (dada terbuka), decolette look (leher terbuka) dan lain-lain

Untuk menjadi busana pesta yang indah harus memperhatikan beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan yaitu siluet, hiasan busana serta bahan yang digunakan. Untuk busana pesta anak desain dibuat semenarik mungkin namun tetap memperhatikan kenyamanan pakainya. Biasanya dengan ditambah aksen pita dan tali. Corak bahan yang digunakan bermotif bunga untuk warna dipilih warna-warna yang cerahm desain banyak kerutan sehingga busana menjadi mengembang sehingga mempermudah anak untuk bergerak.


6. Busana Khusus (Busana Pengantin dan Busana Daerah)
Busana yang digunakan kesempatan pengantin atau upacara-upacara adat. Contohnya:
·         Surjan
Surjan sering disebut  juga pakaian taqwa (sarijan)yang berarti pepadhang atau pelita. Bentuk pakaian surjan adalah lengan panjang, ujung baju runcing, leher dengan kancing 3 pasang (berjumlah 6 lambang rukun iman), dua kancing di dada kanan kiri berarti dua kalimat syahadat, 3 buah kancing tertutup melambangkan 3 nafsu manusia yang harus diatasi yakni nafsu bahimiah (binatang)< lauwamah (perut) dan nafsu setan. Surjan merupakan pakaian adat pria Jogja sehari-hari, ada 2 macam motif yaitu surjan lurik dan surjan kembang.

·         Beskap
Bentuknya seperti jas, didesain sendiri oleh orang Belanda yang berasal dari kata beschaafd yang berarti civilized atau berkebudayaan. Beskap merupakan busana formal pria ningrat dan kaum bangsawan Jawa, terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Beskap adalah jas pendek, berleher tinggi. Berlengan panjang dan mempunyai kancing di atas dan di sisi sebelah kiri.
Tergantung jenisnya terdapat perbedaan potongan pada bagian belakang, untuk mengantisipasi keberadaan keris. Ada perbedaan pada model beskap dari Jogja dan Solo, Beskap Jogja pada bagian belakang lurus/rata sedangkan beskap Solo pada bagian belakang modelnya agak naik (melengkung).
Beskap selalu dikombinasikan dengan jarik (kain panjang yang dibebatkan untuk menutup kaki). Beskap memiliki beberapa variasi yang berbeda potongannya.

·         Teluk Belanga

Baju kurung sebenarnya merupakan jenis pakaian yang dipakai oleh laki-laki meupun perempuan. Namun sekerang ini ada kecenderungan untuk mengaitkan baju kurung hanya dengan kaum perempuan. Di Malaysia, baju kurung untuk laki-laki dikenal dengan sebutan “Baju Melayu”. Di Indonesia baju kurung untuk laki-laki disebut sebagai “teluk belanga”. Teluk belanga adalah salah satu varian dari baju kurung selain baju kurung cekak musang, merupakan baju kurung untuk laki-laki dipakai dengan pasangan celana dan kain samping.

 Untuk kesempatan khusus biasanya anak-anak menggunakan busana daerah yang mengusung tema Kartinian yang biasanya dilakukan pada bulan April. Untuk busana ini dari segi bahan dan desain tidak ada perbedaan dengan anak dewasa.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PSIKOLOGI ADIKTIF

PEMBAHASAN 2.1 Pengertian Addiction (adiktif) dapat didefinisikan sebagai suatu pola perilaku yang dapat meningkatkan resiko penyakit dan masalah personal serta sosial. Perilaku adiktif biasanya dialami secara subjektif sebagai loss of control dimana perilaku terus muncul meskipun telah adanya usaha untuk menggantikan perilaku tersebut. (Marlatt et al.,1988 dalam Hamanda 2006). Ketika banyak orang memikirkan tentang kata adiksi, mereka mungkin memikirkan tentang adiksi “kimiawi” seperti alkoholisme atau adiksi heroin. Akan tetapi, sekarang semakin banyak pergeseran yang bahwa sejumlah perilaku berpotensi adiktif, termasuk perilaku-yang   tidak melibatkan substansi psikoaktif seperti alkohol atau nikotin.ini termasuk perilaku-perilaku yang bervariasi mulai dari berjudi, makan berlebihan, seks, olahraga, bermain video game, cinta, internet, dan kerja(Griffiths, 2005). Menurut Thombs (2006) terdapat tiga persepsi mengenai adiksi yaitu adiksi sebagai perilaku yang tidak bermoral,

"HI WORLD"

Hai semuanya :D Ini adalah blog pertama yang saya buat Perkenalan!!!! Namaku Marissa Vonny Suryaningtyas line 97 dan beberapa bulan akan lulus!!!! Aminnnnn :D . . . . . . . dan saya adalah seorang KPOPERS :D Jadi jika ada waktu rmungkin saya akan share beberapa tentang kpop selain itu saya juga akan share hal-hal mengenai materi jurusan busana yang telah saya pelajari. Mungkin juga posting g aje akan bersemayam di blog saya jadi harap maklumi -_- . . . . . . SEKIAN dan TERIMAKASIH telah mampir ke blog saya ^_^